Skip to main content

Seputar Manajemen: Direction of Communication


Welcome, readers!

Terima kasih sudah mau berkunjung dan membaca blog ini, karena secara tidak langsung kita melakukan interaksi yang biasa disebut komunikasi, lho. Yap, komunikasi tidak harus bertatap muka secara langsung, bisa lewat tulisan, pesan suara, dan lainnya. Begitu juga dengan cara komunikasi yang ada di organisasi, pasti ada bermacam-macam nih, readers. Yuk kita simak!

1. Town-hall Meeting
Komunikasi Town-hall Meeting ini bersifat informal, biasanya untuk berdiskusi atau menyampaikan informasi kepada pihak eksternal. Sederhananya sih, tipe komunikasi ini sering dijumpai antara perusahaan dengan para kliennya untuk berdiskusi atau saling memberikan informasi sembari menikmati jamuan makanan. Tentunya berbeda dengan rapat pada umumnya ya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan dengan karyawan perusahaan tersebut, readers.

2. Downward Communication
Kalian masih ingat susunan level manajemen? kalau tidak, ayo dibaca lagi Level Manajer. Tipe komunikasi ini dilakukan apabila manajer tingkat atas ingin memberikan informasi kepada para manajer yang di bawah. Namun ia tidak berkomunikasi secara langsung dengan mereka, melainkan menyampaikan informasi itu kepada manajer yang berada satu level di bawahnya. Intinya sih, Top Manager berkomunikasi dengan Middle Manager, atau pun Middle Manager berkomunikasi dengan First-line Manager. Tapi,  kalau dalam keadaan darurat Top Manager berhak untuk melakukan komunikasi langsung dengan First-Line Manager. Begitu yaaa.

3. Upward Communication
Untuk tipe komunikasi ini berkebalikan dengan Downward Communcation. Hayo gimana? Ya dimulai dari First-line Manager ke Middle Manager, atau Middle Manager ke Top Manager. Komunikasi ini bertujuan supaya ide atau pendapat dari First-line Manager dapat diolah terlebih dahulu oleh Middle Manager.

4. Lateral Communication
Berbeda dengan sebelumnya, lateral communication merupakan komunikasi antara manajer yang levelnya sama. Seperti sesama First-line, sesama Middle, atau pun sesama Top Manager. Biasanya dilakukan untuk mendiskusikan tugas divisi, membuat rencana, dan lainnya.

5. Diagonal Communication
Tipe komunikasi ini terjadi ketika terdapat interaksi antara tim satu dengan tim yang lainnya. Kalau lateral communication masih dalam satu divisi, diagonal communication sudah berbeda divisi nih readers. Misalnya seperti Divisi Pemasaran yang berinteraksi dengan Divisi Keuangan.


Nah, itulah tipe komunikasi yang ada di dalam organisasi. Walaupun ada banyak tipe, namun tujuannya tetap sama yaitu saling memberikan informasi.
Yuk perbanyak komunikasi dengan sekitarmu! :)                         



Source:
Typical Communication Flows
Town Hall Meetings: Definition, Adventages and Disadventages
Mengenal 4 Jenis Arah Komunikasi Dalam Organisasi

Comments

  1. Terus kalo udah jarang komunikasi gimana ya, padahal kan masih sayang, apa masih bisa bertahan? *Maaf menyimpang wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asdfghjkl. Oke jadi begini..
      Bisa atau tidaknya sih tergantung diri kamu ya, non. Apa masih ada kepercayaan dan apa masih sanggup dengan interaksi yang seperti itu? :) *Azeeek.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Prospek EBT di Kalangan Pengguna Kendaraan Indonesia

Hai, Readers! Kalo dilihat dari judulnya, kira-kira saya akan membahas apa ya? Kok berbeda dari tema tulisan sebelumnya yang berbau Manajemen ? Yaaaap, kali ini saya ingin mengutarakan pendapat saya tentang 'Prospek Energi di Indonesia' nih. Lebih spesifiknya energi baru terbarukan atau biasa disebut EBT. Ada yang tahu EBT itu apa? Itu lho, energi yang mampu diperbaharui dan tidak akan habis seperti air, angin, surya, biomassa, dan panas bumi. For your information, saat ini Indonesia masih berpatokan pada energi fosil  –  batubara. Sepenting itukah batubara? Lalu bagaimana kalau cadangan batubara habis? Gimana sih respon masyarakat kalau batubara diganti dengan EBT? Jadi begini, readers .. Keberadaan teknologi yang semakin berkembang melahirkan berbagai inovasi yang dapat mempermudah aktivitas manusia, salah satunya Ojek Online – OJOL. Seiring berjalannya waktu, ojol mulai menjamur di berbagai daerah Indonesia nih. Tidak hanya peminat dari penggunanya, namun juga pemina...

Menjadi Manusia

Berbicara tentang manusia: Pernah mendengar manusia yang tidak merdeka? Mungkin sebagian besar beranggapan semua manusia di zaman sekarang sudah merdeka karena 'kemerdekaan manusia' masih erat kaitannya dengan masa Nabi Muhammad SAW. Kemerdekaan manusia masih dianggap sebagai tindakan membebaskan budak – menghilangkan belenggu yang mengikatnya. Tanpa disadari ternyata di zaman sekarang justru masih banyak manusia yang belum merdeka. Lalu apa definisi manusia merdeka seiring berjalannya zaman? Tidak ada satu definisi pasti yang sangat tepat untuk merepresentasikan kondisi merdeka seorang manusia. Namun pada dasarnya, hal besar di dunia ini bergantung pada hal kecil. Boleh kita renungkan sejenak? Dalam ruang lingkup individu, merdeka merupakan hal yang sangat sederhana. Yaitu: bisa memilih keputusan sepenuhnya atas diri sendiri. Seperti memilih gaya pakaian, gaya hidup, dan lainnya. Pada ruang lingkup selanjutnya, terdapat beberapa pihak yang juga harus diperhatikan dan – tentu –...

Seputar Manajemen: Fungsi Dasar Manajemen Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

Apa kabar, readers ? Semoga baik sampai selamanya ya! Eh, tapi mustahil rasanya kalau di kehidupan kita selalu merasa baik-baik saja. Seiring berjalannya waktu pasti terdapat fase dimana kita mempunyai masalah. Entah itu masalah penyesalan di masa lalu, kegundahan di masa sekarang, atau merasa bingung dalam menatap masa depan. Terkadang kita merasa hidup ini statis — tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik, hingga akhirnya muncul perasaan iri ketika melihat pencapaian orang lain. Tapi, kalian percaya tidak kalau ilmu manajemen mampu mengatasi itu? Jujur, awalnya saya tidak percaya dan beranggapan kalau hal ini hanya bisa diterapkan di organisasi, bukan kehidupan pribadi. Tapi setelah dicoba dan berhasil, timbulah pikiran ‘ leh ugha nih buat dishare!’ . Hayo, kira-kira apa rahasianya? Yap, fungsi dasar manajemen, POLC! Sebenarnya POLC merupakan singkatan dari Planning, Organizing, Leading, Controlling. Untuk lebih jelasnya yuk simak tiap poinnya! 1. Planning ...