Welcome,
readers!
Terima kasih sudah mau
berkunjung dan membaca blog ini, karena secara tidak langsung kita melakukan
interaksi yang biasa disebut komunikasi,
lho. Yap, komunikasi tidak harus bertatap muka secara langsung, bisa lewat
tulisan, pesan suara, dan lainnya. Begitu juga dengan cara komunikasi yang ada
di organisasi, pasti ada bermacam-macam nih, readers. Yuk kita simak!
1. Town-hall Meeting
Komunikasi
Town-hall Meeting ini bersifat
informal, biasanya untuk berdiskusi atau menyampaikan informasi kepada pihak
eksternal. Sederhananya sih, tipe komunikasi ini sering dijumpai antara
perusahaan dengan para kliennya untuk berdiskusi atau saling memberikan informasi
sembari menikmati jamuan makanan. Tentunya berbeda dengan rapat pada umumnya ya.
Namun tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan dengan karyawan perusahaan
tersebut, readers.
2. Downward
Communication
Kalian
masih ingat susunan level manajemen? kalau tidak, ayo dibaca lagi Level Manajer.
Tipe komunikasi ini dilakukan apabila manajer tingkat atas ingin memberikan
informasi kepada para manajer yang di bawah. Namun ia tidak berkomunikasi
secara langsung dengan mereka, melainkan menyampaikan informasi itu kepada
manajer yang berada satu level di bawahnya. Intinya sih, Top Manager
berkomunikasi dengan Middle Manager, atau pun Middle Manager berkomunikasi
dengan First-line Manager. Tapi, kalau
dalam keadaan darurat Top Manager berhak untuk melakukan komunikasi langsung
dengan First-Line Manager. Begitu yaaa.
3. Upward Communication
Untuk
tipe komunikasi ini berkebalikan dengan Downward
Communcation. Hayo gimana? Ya dimulai dari First-line Manager ke Middle
Manager, atau Middle Manager ke Top Manager. Komunikasi ini bertujuan supaya ide
atau pendapat dari First-line Manager dapat diolah terlebih dahulu oleh Middle
Manager.
4. Lateral Communication
Berbeda
dengan sebelumnya, lateral communication
merupakan komunikasi antara manajer yang levelnya sama. Seperti sesama
First-line, sesama Middle, atau pun sesama Top Manager. Biasanya dilakukan
untuk mendiskusikan tugas divisi, membuat rencana, dan lainnya.
5. Diagonal Communication
Tipe
komunikasi ini terjadi ketika terdapat interaksi antara tim satu dengan tim
yang lainnya. Kalau lateral communication
masih dalam satu divisi, diagonal
communication sudah berbeda divisi nih readers. Misalnya seperti Divisi Pemasaran
yang berinteraksi dengan Divisi Keuangan.
Nah, itulah tipe
komunikasi yang ada di dalam organisasi. Walaupun ada banyak tipe, namun
tujuannya tetap sama yaitu saling memberikan informasi.
Yuk perbanyak komunikasi dengan sekitarmu! :)
Yuk perbanyak komunikasi dengan sekitarmu! :)
Source:
Typical Communication FlowsTown Hall Meetings: Definition, Adventages and Disadventages
Mengenal 4 Jenis Arah Komunikasi Dalam Organisasi
Terus kalo udah jarang komunikasi gimana ya, padahal kan masih sayang, apa masih bisa bertahan? *Maaf menyimpang wkwk
ReplyDeleteAsdfghjkl. Oke jadi begini..
DeleteBisa atau tidaknya sih tergantung diri kamu ya, non. Apa masih ada kepercayaan dan apa masih sanggup dengan interaksi yang seperti itu? :) *Azeeek.